Mengenal Bahasa Pemrograman Java

Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat digunakan untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer dan berbagai platform. Bahasa Pemrograman java yang pada awalnya bernama bahasa pemrograman OAK  dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank dan Mike Sheridan dari sun Microsystem, Inc pada tahun 1991. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source dengan slogannya “Write once, run anywhere”.


Hal ini merupakan sebuah terobosan yang cukup besar. Sebab sebelumnya aplikasi-aplikasi yang dikembangkan untuk sistem operasi (perangkat lunak dan perangkat keras) tertentu hanya akan berjalan dengan baik diatas sistem operasi tertentu pula. Dengan kata lain, dimasa lalu, aplikasi yang ditulis diatas sebuah sistem operasi (misalnya Windows) hampir mustahil bisa dijalankan diatas sistem operasi lain (contoh Linux). Hal inilah yang menjadi salah satu karakteristik java adalah portabilitas, yang berarti bahwa program komputer yang ditulis dalam bahasa java harus dijalankan secara sama pada setiap hardware/platform sistem operasi. Pengguna aplikasi biasanya menggunakan  Java Runtime Environtment (JRE) diinstal pada mesin mereka sendiri untuk menjalankan aplikasi java, atau dalam browser untuk apllet java.


Versi awal Java pada tahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:

  • ·        java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
  •  java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
  •  java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
  • java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain   menggunakan jaringan TCP/IP.
  • java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
  •  java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.
Untuk pembuatan dan pengembangan aplikasi berbasis  java diperlukan Java Development Kit (JDK),dimana saat ini pemilik lisensi dari JDK Oracle Corporation yang telah secara resmi mengakuisisi Sun Microsystem pada awal tahun 2010.


Ada beberapa java platform untuk keperluan development, yaitu:


  1. Java SE (Standard Edition), yang khusus digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi pada PC atau workstation.
  2. Java ME (Micro Edition), khusus digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat mobile seperti HP, Smartphone PDA, Tablet dsb.
  3. JAVA EE (Entreprise Edition), yaitu khusus digunakan untuk pengembangan aplikasi skala besar(enterprise), dan aplikasi web berbasis java. 

    ----------------------------------------------Galeri Programer -------------------------------------------

Posting Komentar

0 Komentar