Cara Mengkoneksikan MySql Melalui CMD (Command Promt)

MySql merupakan salah satu jenis database yang open source dan mudah untuk digunakan, baik untuk pemula sekalipun. Untuk mengkoneksikan MySql sendiri terdapat beberapa cara, yaitu dengan menggunakan beberapa tool seperti MySql yog, MySql Command line client, MySql Front, PhpMyadmin dan lainnya. Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai cara koneksi ke MySql dengan menggunakan MySql Command line Client (command Propmt). Di sini saya menggunakan MySql yang ada pada paket instalasi XAMPP. Ok, langsung aja kita menuju ke TKP.

  1.    Jalankan/Buka Aplikasi XAMPP Control
    - klik Start >> All program >>XAMPP>>Xampp Control Panel ,kemudian akan tampil gambar seperti berikut.
    - klik start pada apache dan MySql pada tanda kotak merah


2. Jalankan/buka Command promt dengan cara :
  • klik start->>ketikan command promt/cmd (pada search program)
    Setelah tampil jendela command promt, selanjutnya masuk ke lokasi bin pada XAMPP anda     dengan mengetikan perintah  C:\cd xampp\mysql\bin ,jika instalasi Xampp terletak pada direktori C. Disini saya menyimpan instalasi xampp di direktori D. Sehingga perintahnya menjadi D:\> cd xampp/mysql/bin

3.  Ketikan perintah untuk masuk ke server MySql dengan user “root” sbb.

  •  D:\>xampp/mysql/bin>mysql –h localhost –u root  , kemudian tekan enter
    catatan : perintah diatas merupakan perintah untuk mengakses database pada computer sendiri. Jika mengakses computer lain maka pada kata localhost diganti dengan IP servernya. Sedangkan “root” merupakan username. Jika menggunakan username lain tinggal disesuaikan.


3. jika muncul kata welcome to the mysql…. Maka anda telah berhasil masuk ke mysql
     sedangkan untuk keluar dari Mysql , anda tinggal ketikan saja perintah mysql>Exit
Demikian cara mengkoneksikan mysql dengan Command Promt, cukup mudah bukan. Untuk membuat Database dan table melalui CMD, bisa dibaca diartikel berikutnya.hanya di Galeri Programer.( cara mudah belajar pemrograman komputer)
---------Galeri Programer----------

Posting Komentar

0 Komentar