Kelebihan Dan Kekurangan CMS - Content Management System atau yang lebih sering dikenal dengan CMS merupakan aplikasi web yang berisikan template untuk mengelola isi halaman web secara mudah. Dalam bahasa Indonesia CMS disebut juga dengan ( Sistem Pengelolaan Konten ) merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuaan,dan publikasi content secara bersama (Collaborative Management System).Content mengacu pada informasi yang berupa text, gambar, grafik maupun dalam format-format lain yang bisa dipakai kedalam CMS itu sendiri guna untuk mempermudah dalam proses pembuatan, pembaharuan, pendistribusian, pencarian, penganalisisan, dan meningkatkan fleksibilitas yang kemudian ditransformasikan kedalam bentuk yang lain agar dapat lebih menarik dan mudah dipahami. 

Dengan menggunakan CMS, seseorang yang ingin membuat sebuah website tanpa harus memerlukan pengetahuan tentang pemrogaraman web terlebih dahulu, karena proses instalasi dan cara penggunaannya  sudah user friendly. menggunakan scripting language PHP dan database-nya adalah MySQL. Contoh CMS : Wordpress, joomla, drupal, prestashop,opencart dll.

Adapun kelebihan dari CMS yaitu:
  1. Waktu pembuatan website lebih cepat, karena tidak menulis kode dan merancang database.
  2. Isi website dapat diubah oleh orang yang tidak menguasai pemrograman web seperti (HTML, PHP, CSS, JS, dll).
  3. Banyak CMS yang tersedia gratis dan open source.
  4. Banyak tersedia ekstensi (modul, template, dll) untuk penambahan fitur dengan cepat. 

 Selain terdapat kelebihan, CMS juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut
  1. Bentuk dan fitur website mirip dengan website yang lain yang dibuat dengan CMS yang sama.
  2. Fitur dan fungsi website terbatas, tidak 100% sesuai dengan keinginan pemilik website.
  3. Terbatasnya editing kode HTML ataupun PHP.
  4. Untuk website skala kecil, penggunaan CMS terlalu berlebihan, dan untuk website enterprise, menggunakan CMS fiturnya terlalu terbatas.

    Demikian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan CMS, semoga dapat bermanfaat.
    --------------- Galeri Programer --------------