Pengertian Bootstrap, Fungsi dan juga kelebihannya

Pengertian Bootstrap, fungsi dan juga kelebihannya
Daftar Isi
  1. Pengertian Bootstrap
  2. Fungsi Bootstrap
  3. Kelebihan Bootstrap

Pengertian Bootstrap


Bootstrap adalah sebuah library framework CSS yang dibuat khusus untuk bagian pengembangan front-end website. Bootstrap juga merupakan salah satu framework HTML, CSS dan javascript yang paling populer di kalangan web developer yang digunakan untuk mengembangkan sebuah website yang responsive. Sehingga halaman website nantinya dapat menyesuaikan sesuai dengan ukuran monitor device (desktop, tablet, ponsel ) yang digunakan pengguna disaat mengakses website website dari browser. Pada mulanya bootstrap bernama "Twitter Blueprint" yang dikembankan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton di Twitter sebagai kerangka kerja untuk mendorong konsistensi di alat internal.

Fungsi Bootstrap


Dengan menggunakan Bootstrap seorang developer dapat dengan mudah dan cepat dalam membuat front-end sebuah website. Anda hanya perlu memanggil class-class yang diperlukan, misalnya membuat tombol, grid, tabel, navigasi dan lainnya.

Bootsrap telah menyediakan kumpulan komponen class interface dasar yang telah dirancang sedemikian rupa untuk menciptakan sebuah tampilan yang menarik dan ringan. Selain komponen class interface, bootsrap juga memiliki grid yang berfungsi untuk mengatur layout pada halaman website. Selain itu developer juga dapat menambahkan class dan CSS sendiri, sehingga memungkinkan untuk membuat desain yang lebih variatif. Salah satu contoh website yang menggunakan framework bootsrap yaitu twitter. Bootstrap sendiri sebenarnya dikembangkan oleh developer twitter sehingga bootsrap sering juga disebut dengan “ twitter bootsrap “.

Bootstrap sendiri sudah kompatibel dengan versi terbaru dari beberapa browser seperti google chrome, firefox, internet explorer, dan safari browser. Meskipun beberapa browser ini tidak didukung pada semua platform.

Kelebihan Bootsrap


Beberapa alasan mengapa saat ini cukup banyak pengembang yang menggunakan Bootstrap dalam membuat front-end website, yaitu karena beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Bootstrap itu sendiri yang antara lain:

  • Dapat mempercepat waktu proses pembuatan front-end website
  • Tampilan bootstrap yang sudah cukup terlihat modern. 
  • Tampilan Bootsrap sudah responsive,sehingga mendukung segala jenis resolusi, baik itu PC, tablet, dan juga smartphone. 
  • Website menjadi Sangat ringan ketika diakses, karena bootsrap dibuat dengan sangat terstruktur.

    Demikian penjelasan singkat mengenai Bootstrap dan fungsinya. Semoga bermanfaat.
    ------------------------------------------ Galeri Programer ----------------------------------------

Posting Komentar

24 Komentar

  1. infonya sangat berguna dan mudah di pahami..
    My blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya @wahyu hartowi

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. thanks infonya gan!! kunjungi juga http://afaizin913.blogspot.co.id untuk belajar dasar-dasarnya

    BalasHapus
  3. Infonya ok banget dan maaf numpang promosi gan bilamana ada yang berminat wisata body rafting ke green canyon pangandaran dan sekitarnya silahkan booking di :

    website : www.body-rafting.com
    whatsapp : 085323251840
    pin bb : D9AA43DE

    makasih sebelumnya !!

    BalasHapus
  4. cukup bagus
    3anaShop Jual Klambi Murah Purwokerto (085887250411)

    BalasHapus
  5. keren kak, sangat bermanfaat thread nya, terutama bagi saya yang baru saja ingin belajar bootstrap. Perkenalkan nama saya Ramayandra Valentino dari STMIK Atma Luhur (https://www.atmaluhur.ac.id/)

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas info yang terkandung dlm tulisannya kak! Sangat bermanfaat serta menambah wawasan sy sbg pemula. Saya Okkalinar mahasiswa Stmik Atma Luhur, jangan lupa kunjungi website kampus saya di https://www.atmaluhur.ac.id/ Sukses terus ke depannya Kak!!

    BalasHapus
  7. terimakasih kak sudah membantu dengan artikelnya,semangat terus ya kak, perkenalkan saya farah regita dari kampus Stmik Atma Luhur, jangan lupa kunjungi website kampus saya kak https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  8. Wahhhh bagus sekali artikel yg sangat bermanfaat kakak,terimakasih kak atas ilmunya, saya jadi bisa belajar dengan mudah kak,kakak pintar sekali ya bisa membuat artikel sebagus ini, kalau boleh tau kakak dari kampus mna? Perkenalkan nama saya siti mainah dri STMIK atma luhur ( https://www.atmaluhur.ac.id/)

    BalasHapus
  9. Terima kasih ya, artikelnya sangat bermanfaat sekali bagi saya yang baru mengenal bootstrap dan saya dapat mengetahui fungsi dan kelebihannya dalam satu artikel sekaligus, artikelnya benar benar sangat memuaskan.perkenalkan saya sri dinda pratiwi.website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  10. Terima kasih kak, artikelnya sangat bagus kak dan sangat membantu untuk yang baru mengenal bootstrap seperti saya, mudah dimengerti dan memuaskan sukses terus kak. Perkenalkan saya Vony Ramadhani TP , website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  11. terima kasih banyak atas kemudahan nya kak, dengan ini saya bisa lebih jauh mengerti tentang bootstrap dan keguanaan cara memakai nya website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Terima kasih banyak bantuanya membuat saya mengerti apa fungsi bootsrap dari yang tau, Saya Andika Irawan mahasiswa Stmik Atma Luhur, main ke website kampus https://www.atmaluhur.ac.id
    Thx..... Sehat selalu.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  15. Thanks kak,artikelnya sangat membantu sekali bagi saya seorang pemula dan sangat mudah untuk di baca atau dipelajari mengenai bootstrap,perkenalkan saya Septiani Mahasiswa Stmik Atma Luhur, dan jangan lupa kunjungi juga website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  16. Wahhhh bagus sekali artikel yg sangat bermanfaat kakak,terimakasih kak atas ilmunya, saya jadi bisa belajar dengan mudah kak,kakak pintar sekali ya bisa membuat artikel sebagus ini, Perkenalkan nama saya Adhitya Pratama dri STMIK atma luhur https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  17. sama-sama. semoga bermanfaat

    BalasHapus
  18. Thanks kak artikelnya bagus sangat membantu sekali untuk pengenalan mengenai boostrap, perkenalkan juga kak saya Nizhra Izdaharia dari STMIK Atmaluhur, dan ini kampus website kampus saya jangan lupa kunjungi ya kak https://www.atmaluhur.ac.id ..

    BalasHapus
  19. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand visit to know top Instagram Desigining account Click Here

    BalasHapus