Program startup (startup program) adalah program yang secara otomatis akan aktif setelah proses loading operating system atau ketika windows masuk dekstop. Program aplikasi yang biasanya dijalankan secara otomatis pada startup windows antara lain program antivirus, IDM (internet download manager, dan beberapa aplikasi lainnya yang diatur enable pada stratup. Program antivirus merupakan salah satu program yang dianjurkan pada startup program, karena hal ini bertujuan untuk mengamankan komputer kita sebelum mulai digunakan. Pada beberapa aplikasi yang kita instal, terkadang secara otomatis langsung masuk ke startup pada windows. Tanpa kita sadari ternyata terlalu banyak aplikasi yang terdapat pada startup windows kita. 
Salah satu pengaruhnya apabila terlalu banyak program pada startup windows yaitu menjadi lambatnya kinerja booting komputer kita atau istilah lainnya loadingnya lama. Tentunya hal ini juga masih dimungkinkan karena beberapa faktor lainnya yang mengakibatkan melambatnya kinerja komputer seperti karena virus ataupun yang lainnya. Buat kawan-kawan yang mengalami hal seperti itu, gak perlu kawatir lagi karena startup pada windows bisa kita atur dengan mudah dan cepat. Akan tetapi kita juga harus memperhatikan program yang akan kita atur pada startup karena tidak semua program boleh didisable. 

Berikut ini beberapa langkah untuk mengatur startup pada windows 7.

         1. Buka  msconfig dengan cara menekan tombol windows kemudian tuliskan msconfig di kolom
              Search programs and files
. Tekan Enter.


 




2. Atau buka dengan cara tekan tombol windows+R bersamaan. Kemudian ketikan msconfig.

3. Kemudian akan muncul  window System Configuration, pilih tab menu Startup.
 




 4. Kemudian hilangkan centang untuk program yang tidak ingin dijalankan pada saat startup windows.

5. Klik Ok untuk menyimpan perubahan.

Selain mengatur disabled program yang tidak diinginkan pada startup, kita juga bisa mengatur program yang ingin kita jalankan pada startup. Untuk menambahkan sebuah program yang ingin kita jalankan pada startup, dengan cara memberikan centang pada program yang diinginkan. Cukup cepat dan mudah bukan. Demikian cara mudah mengatur startup pada windows 7, Semoga bermanfaat.
--------------------------------------------Galeri Programer--------------------------------------------